Home > Bahan Cerita Sekolah Minggu > Tuhan Yesus Mampu Mengampuni Dosa dan Menyembuhkan Penyakit

Tuhan Yesus Mampu Mengampuni Dosa dan Menyembuhkan Penyakit

Nats            :  Markus 2 : 1 – 12

Tujuan       :

1. ASM mengetahui Tuhan Yesus mempunyai kuasa untuk mengampuni dosa dan menyembuhkan penyakit.

2. ASM membawa teman kepada Tuhan Yesus.

Markus 2 : 1 – 12

2:1 Kemudian, sesudah lewat beberapa hari, waktu Yesus datang lagi ke Kapernaum, tersiarlah kabar, bahwa Ia ada di rumah. 2:2 Maka datanglah orang-orang w berkerumun sehingga tidak ada lagi tempat, bahkan di muka pintupun tidak. Sementara Ia memberitakan firman kepada mereka, 2:3 ada orang-orang datang membawa kepada-Nya seorang lumpuh, x digotong oleh empat orang. 2:4 Tetapi mereka tidak dapat membawanya kepada-Nya karena orang banyak itu, lalu mereka membuka atap yang di atas-Nya; sesudah terbuka mereka menurunkan tilam, tempat orang lumpuh itu terbaring. 2:5 Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: “Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni! y 2:6 Tetapi di situ ada juga duduk beberapa ahli Taurat, mereka berpikir dalam hatinya: 2:7 “Mengapa orang ini berkata begitu? Ia menghujat Allah. Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri? z 2:8 Tetapi Yesus segera mengetahui dalam hati-Nya, bahwa mereka berpikir demikian, lalu Ia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu berpikir begitu dalam hatimu? 2:9 Manakah lebih mudah, mengatakan kepada orang lumpuh ini: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalan? 2:10 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia 1 a berkuasa mengampuni dosa” –berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu–: 2:11 2“Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!” 2:12 Dan orang itupun bangun, segera mengangkat tempat tidurnya dan pergi ke luar di hadapan orang-orang itu, sehingga mereka semua takjub lalu memuliakan Allah, b katanya: “Yang begini c belum pernah kita lihat.”

Cerita :

Penduduk kota kapernaum adalah penduduk yang sangat akrab dengan Tuhan Yesus, mereka diberikan berkat sangat melimpah dengan mendengar Firman Tuhan Yesus Kristus secara langsung dan banyak melihat kuasa dan kasihNya.

Ketika Tuhan Yesus kembali ke Kapernaum dan mendatangi satu rumah, banyak orang berkumpul di rumah tersebut hingga sampai di luar rumah. Dari sekian banyak orang yang datang pada Tuhan Yesus, ada satu orang yang lumpuh yang ingin berjumpa Tuhan Yesus, dia ingin sembuh dari penyakitnya, keinginannya sangat besar.

Ada empat orang dari banyak orang di sekitar rumah tersebut melihat dan ingin membantu orang lumpuh tersebut, mereka berpikir dengan keras bagaimana cara agar orang lumpuh tersebut dapat berjumpa dengan Tuhan Yesus.

Salah satu dari orang tersebut menyampaikan ide untuk mengangkat orang lumpuh tersebut ke atas atap rumah dan menurunkannya tepat dekat dengan Tuhan Yesus. Kemudian mereka bekerja sama menyiapkan tali dan mengangkat orang lumpuh tersebut untuk dibawa ke atap rumah. Dengan perlahan – lahan mereka menurunkan orang lumpuh tersebut hingga tepat dekat Tuhan Yesus.

Melihat usaha yang dilakukan orang lumpuh tersebut, Tuhan Yesus berkata kepada orang lumpuh itu: “Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!. Dalam kerumunan orang – orang yang ingin berjumpa dengan Tuhan Yesus ada ahli – ahli Taurat, ahli Taurat tersebut berkata dalam hati, “Siapa orang ini ? Berani mengampuni dosa, hanya Allah yang mampu mengampuni dosa manusia. Namun Tuhan Yesus tahu apa dipikir mereka, lalu Dia berkata,”Manakah lebih mudah berkata dosamu diampuni, atau mengatakan: Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalan?, kemudian Tuhan Yesus kembali menegaskan kepada ahli taurat dan semua orang, bahwa Dia berkuasa untuk mengampuni dosa.

Tuhan Yesus mendatangi orang lumpuh tersebut, “Bangun dan angkat tempat tidurmu dan pulanglah”. Kemudian orang lumpuh tersebut segera bangun dan mengangkat tempat tidurnya dan segera pulang.

Semua orang takjub melihat peristiwa tersebut dan mereka memuliakan Allah.

gambar : sermont4kids.com

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: