Home > Bahan Cerita Sekolah Minggu > Harmoni dalam ciptaan Allah

Harmoni dalam ciptaan Allah

Nats : Kejadian 2 : 8 – 25

8 Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur;      disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu. 9 Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang      menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan      di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang      baik dan yang jahat. 10  Ada suatu sungai mengalir dari Eden untuk membasahi taman itu, dan      dari situ sungai itu terbagi menjadi empat cabang. 11  Yang pertama, namanya Pison, yakni yang mengalir mengelilingi      seluruh tanah Hawila, tempat emas ada. 12  Dan emas dari negeri itu baik; di sana ada damar bedolah dan batu      krisopras. 13  Nama sungai yang kedua ialah Gihon, yakni yang mengalir      mengelilingi seluruh tanah Kush. 14  Nama sungai yang ketiga ialah Tigris, yakni yang mengalir di      sebelah timur Asyur. Dan sungai yang keempat ialah Efrat. 15  TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman      Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu. 16  Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, 17  tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu,      janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya,      pastilah engkau mati.” 18  TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri      saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan      dia.” 19  Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan      segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu      untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang      diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup,      demikianlah nanti nama makhluk itu. 20  Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada      burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi      baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan      dia. 21  Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia      tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu      menutup tempat itu dengan daging. 22  Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu,      dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia      itu. 23  Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan      daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil      dari laki-laki.” 24  Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya      dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu      daging. 25  Mereka keduanya telanjang, manusia dan isterinya itu, tetapi mereka tidak merasa malu.

Tujuan :

  1. ASM mengetahui bahwa ciptaan ALLAH baik adanya.
  2. ASM mengucap atas alam yang disediakan oleh ALLAH.
  3. ASM mampu merawat dan memelihara ciptaan ALLAH.

Nyanyian

Kidung Jemaat  ;337 Betapa Kita Tidak Bersykur

(1) Betapa kita tidak bersyukur

Bertanah air kaya dan subur

Lautnya luas, gunungnya megah

Menghijau padang, bukit, dan lembah

<refrein>

Itu semua berkat karunia

ALLAH yang Agung Maha Kuasa

Itu semua berkat karunia

ALLAH yang Agung Maha Kuasa

(2) Alangkah indah pagi merekah

Bermandi cah’ya surya nan cerah

Ditingkah kicau burung tak henti

Bunga pun bangkit harum berseri <reff>

(3) Bumi yang hijau, langitnya terang

Berpadu dalam warna cemerlang

Indah jelita, damai, dan teduh

Persada kita jaya dan teguh <reff>

Cerita :

Siapa yang pernah retreat di daerah pegunungan ? tentu banyak dari antara kita pernah ikut retreat di daerah pegunungan.

Bagaimana suasananya ? , tentu sangat menyenangkan, sekeliling pohon – pohon hijau, bunga-bunga warna – warni terlihat  menyegarkan mata. Burung – burung masih terdengar berkicau dan ketika kita bernafas terasa segar di dalam dada kita. Semua yang kita rasakan terasa baik buat kita.

Daratan, pegunungan, lautan, sungai, tumbuhan berbagai macam jenis, hewan yang berbagai macam jenis, Allah ciptakan dengan begitu menakjubkan.   

Tuhan juga menciptakan perempuan untuk menemani manusia, Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia      tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu      menutup tempat itu dengan daging. 22  Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu,      dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia      itu. 23  Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan      daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil      dari laki-laki.” 

Allah memberikan seluruh makhluk, baik pohon – pohon, hewan dan binatang untuk diberi nama oleh manusia, Allah memberikan kuasa kepada manusia untuk mengelola dan memelihara alam.

Allah menyediakan segala yang dibutuhkan manusia, yang  terbaik yang Dia berikan, mari puji Allah kita, bersyukur atas kebaikkanNya – senantiasa.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: